Tutorial Windows cara Mengompres Dan Memangkas Video Menggunakan Handbrake Di Windows 11 10 – Handbrake adalah salah satu software gratis yang populer digunakan untuk mengompres dan memangkas video. Khususnya bagi para pengguna Windows 11 dan Windows 10, Handbrake dapat menjadi solusi praktis dalam mengurangi ukuran file video yang terlalu besar atau memotong bagian tertentu dari sebuah video. Dalam tutorial ini, Anda akan diajarkan bagaimana cara menggunakan aplikasi Handbrake untuk mengompres dan memangkas video secara efektif dan efisien. Jadi, simaklah artikel ini dengan seksama!

๐ŸŽ– Cara mengompres video di Windows 10 dengan HandBrake
Tutorial Windows cara Mengompres Dan Memangkas Video Menggunakan Handbrake Di Windows 11 10

Mengompres dan memangkas video adalah dua proses yang harus dilakukan untuk menghasilkan file video yang lebih kecil. Ada berbagai alat dan software yang bisa digunakan untuk mengompres dan memangkas video, namun di sini kita akan membahas Handbrake. Handbrake adalah sebuah aplikasi open source yang digunakan untuk mengkonversi, mengompres, dan memotong video.

Pertama-tama, Anda harus mendownload aplikasi Handbrake dari website resminya. Setelah itu, instal software tersebut pada system Windows Anda. Setelah sukses terinstal, jalankan program tersebut dari desktop atau Start menu.

Sebelum mulai mengompres dan memangkas video menggunakan Handbrake, pastikan bahwa Anda memiliki file videonya terlebih dahulu. Pilih file video yang ingin Anda kompres atau potong dengan menekan tombol โ€œOpen Sourceโ€ di sudut kiri atas aplikasi. Setelah itu pilih file yang ingin di kompres atau dipotong.

Setelah memilih file, kita akan masuk ke menu utama program Handbrake. Di sini kita akan menyesuaikan pengaturan-pengaturan awal sebelum melakukan pengompressan atau pemangkasan pada videonya.

Pertama-tama kita dapat menentukan kualitas output video dengan cara memilih preset-preset kualitasnya pada bagian โ€œPresetsโ€. Ada beberapa pilihan seperti Fast 720p30 (h.264), HQ 1080p30 (h.264), dsb.

Setelah menentukan preset kualitasnya, langkah berikutnya adalah merubah ukuran resolusi dari video. Caranya adalah dengan menekan tombol โ€œVideoโ€ yang berada pada menu di sebelah kiri Handbrake. Pilih โ€œEncoderโ€ dan masukkan nilai resolusi yang diinginkan pada bagian โ€œWidthโ€. Setelah itu tekan tombol โ€œStartโ€ untuk memulai proses pengompressan atau pemangkasan video.

Proses mengompres atau memotong video menggunakan Handbrake memakan waktu kurang lebih 15-20 menit tergantung ukuran file dan resolusi video yang diinginkan. Setelah selesai, Anda dapat menemukan file hasil pengompressan atau pemangkasan pada direktori yang sama dengan file aslinya.

Dalam melakukan tutorial untuk mengompres dan memotong video menggunakan Handbrake, penting untuk memperhatikan beberapa hal lainnya seperti format audio dan kecepatan frame rate yang digunakan. Semua hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda serta sesuai dengan spesifikasi dari aplikasi yang Anda gunakan.

Kesimpulannya, Handbrake merupakan salah satu aplikasi open source terbaik bagi para editor video dalam mengompres dan memotong videonya secara efektif. Dengan tutorial singkat tersebut, Anda dapat mulai bereksperimen serta menghasilkan file-video berkualitas tinggi tanpa harus khawatir tentang kehilangan kualitas gambar ataupun suara pada videonya.

How to Install Handbrake in Windows 11
In this video we are going to see How to Download & Install Handbrake in Windows 11 for Free by the simplest Way. Handbrake link r
Artikulli paraprakTutorial Linux how To Change Luks Encryption Passphrase
Artikulli tjetรซrPuisi Tentang Matahari
Halo, nama saya Bella Sungkawa Saya tertarik dengan dunia jurnalistik dan berita karena saya percaya bahwa informasi adalah kunci untuk memahami dunia di sekitar kita. Sebagai anggota klub Berita, saya terlibat dalam mencari berita terbaru, menulis artikel, dan melakukan wawancara dengan orang-orang yang memiliki cerita menarik. Saya juga belajar tentang etika jurnalistik dan bagaimana menyampaikan informasi dengan objektivitas dan kebenaran. Saya merasa bangga menjadi bagian dari Oke Joss karena hal ini memungkinkan saya untuk terlibat dalam proses menginformasikan dan mempengaruhi orang lain melalui tulisan dan laporan yang saya hasilkan. Dengan keahlian yang saya pelajari di okejoss.com, saya berharap dapat membangun karir di bidang jurnalisme di masa depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini